RSS

Diabetes Melitus (Kecing Manis)

21 Mar

DM adalah Sekelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia sebagai akibat dari defek sekresi insulin, aksi insulin atau keduanya. Dapat menimbulka berbagai komplikasi pada mata, ginjal, saraf dan pembuluh darah. Mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan dgn gejala bervariasi.

Diabetes Melitus  ada 2 tipe, yaitu:

1.       DM Tipe I

Disebabkan defesiensi insulin akibat destruksi sel β pankreas yang  absolut bisa karena proses imunologik dan idiopatik sehingga  memerlukan injeksi insulin untuk mengendalikan kadar glukosa serum.

Gejalanya antara lain poliuri, polidipsi, polipagia, penurunan berat badan, kelelahan, penurunan pegelihatan, hiperglikemia, kesemutan, gatal-gatal, impotensi.

2.       DM Tipe II

Terjadi oleh karena produksi insulin tdk cukup jaringn resisten terhadap insulin sehingga terjadi gangguan pengiriman glukosa ke sel tubuh. Biasany terjadi  pada  usia 40th degan gejala muncul perlahan dan dapat dikiontrol (megatur pola makan) dan gejala awalnya sama seperti dengan DM tipe I

Luka yang ditimbulkan akibat DM, sulit untuk sembuh. Kadar glikogen dalam darah banyak, karena sulit di ubah menjadi energi. Hal itu terjadi karena adanya defisiensi isulin.

Mengelola penyakit kencing manis atau diabetes mellitus sebenarnya mudah asal penderita bisa mendisiplinkan diri dan melakukan olahraga secara teratur, menuruti saran dokter, dan tidak mudah patah semangat.

Menurut dr. Elvina Karyadi, M.Sc., ahli gizi dari SEAMEO-Tropmed UI, ada dua golongan karbohidrat yakni jenis kompleks dan jenis sederhana. Yang pertama mempunyai ikatan kimiawi lebih dari satu rantai glukosa sedangkan yang lain hanya satu. Di dalam tubuh karbohidrat kompleks seperti dalam roti atau nasi, harus diurai menjadi rantai tunggal dulu sebelum diserap ke dalam aliran darah. Sebaliknya, karbohidrat sederhana seperti es krim, jeli, selai, sirup, minuman ringan, dan permen, langsung masuk ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah langsung melejit.

Dari sisi makanan penderita diabetes atau kencing manis lebih dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat berserat seperti kacang-kacangan, sayuran, buah segar seperti pepaya, kedondong, apel, tomat, salak, semangka dll. Sedangkan buah-buahan yang terlalu manis seperti sawo, jeruk, nanas, rambutan, durian, nangka, anggur, tidak dianjurkan. Sementara itu tingginya serat dalam sayuran jenis A (bayam, buncis, kacang panjang, jagung muda, labu siam, wortel, pare, nangka muda) ditambah sayuran jenis B (kembang kol, jamur segar, seledri, taoge, ketimun, gambas, cabai hijau, labu air, terung, tomat, sawi) akan menekan kenaikan kadar glukosa dan kolesterol darah. Bawang merah dan putih (berkhasiat 10 kali bawang merah) serta buncis baik sekali jika ditambahkan dalam diet diabetes karena secara bersama-sama dapat menurunkan kadar lemak darah dan glukosa darah.

Perlu dibatasi adalah makanan berkalori tinggi seperti nasi, daging berlemak, jeroan, kuning telur. Juga makanan berlemak tinggi seperti es krim, ham, sosis, cake, coklat, dendeng, makanan gorengan. Sayuran berwarna hijau gelap dan jingga seperti wortel, buncis, bayam, caisim bisa dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak, begitu pula dengan buah-buahan segar. Namun, perlu diperhatikan bila penderita menderita gangguan ginjal, konsumsi sayur-sayuran hijau dan makanan berprotein tinggi harus dibatasi agar tidak terlalu membebani kerja ginjal.

Sealain memperhatika pola makan, kita juga dapat melakukan latihan fisik, yaitu:

Ø  Dilak. 3-4 x seminggu selama 30 menit

Ø  Ex: jalan-jalan, berenang dan bersepeda dlm tempo sedang

Ø  Perlu persiapan u/ cegah hipoglikemia: makan cukup dan tes kadar glukosa

gambar lain

 
Leave a comment

Posted by on March 21, 2011 in Penyakit

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: